Mencegah panas demam di cuaca ekstrim tanpa obat ?

Diposting pada

hai sobat , apakabarnya hari ini , salam bersama keluarga tercinta anda di rumah. topik kali ini sepertinya berbeda dengan topik yang lian yaitu dalam topik Mencegah panas demam di cuaca ekstrim Perubahan cuaca ekstrim dari kemarau ke hujan, dan terkadang kembali lagi ke musim kemarau, bisa sangat membahayakan untuk kondisi kesehatan kita.

Terserang Demam Saat Cuaca Panas?

cuaca

Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana Anda justru terserang demam ketika cuaca sedang panas-panasnya? Memang terdengar ganjil, namun nyatanya bisa terjadi saat cuaca sedang panas.

Ada beberapa alasan kenapa Anda bisa terserang demam saat cuaca panas, seperti:

1. Keringat Berlebihan

Ketika Anda berkeringat berlebihan karena udara yang panas, keringat yang keluar akan membasahi tubuh Anda. Dengan tubuh yang lembab, maka tubuh Anda akan menangkap udara lebih cepat. Akibatnya, Anda pun bisa terserang demam.

2. Serangan Panas

Terkadang, ketika Anda berada di luar ruangan dengan panas matahari yang kuat Anda tidak menyadari bahwa Anda ‘membuka’ diri Anda untuk menerima panas lebih banyak. Suhu panas yang berlebihan ini pun dapat membuat Anda demam dan menggigil. Hal ini biasanya disebut dengan heat stroke.

3. Panas Dingin

Ketika berada di luar ruangan terlalu lama dan kemudian masuk ke dalam ruangan yang lebih dingin, maka tubuh Anda akan mengalami pergantian cuaca yang ekstrim. Proses ini tidak memberikan tubuh Anda waktu untuk menyesuaikan diri. Akibatnya Anda pun bisa merasa demam.

4. Minum Air Dingin Berlebihan

Karena cuaca yang sedang panas, Anda pun mengonsumsi minuman dingin secara berlebihan. Hal ini ternyata bisa membuat Anda terkena demam sebab Anda menempatkan diri pada risiko infeksi tenggorokan.

 

Turunkan Demam Tanpa Obat

cuaca

Cuaca yang tak menentu akan membuat tubuh Anda harus beradaptasi segera mungkin. Jika tidak demam akan menyerang tubuh Anda. Untuk berbagai cara akan Anda lakukan dalam mengatasi demam Anda di cuaca ekstrim seperti saat ini.

Tapi perlu Anda tahu, demam memiliki manfaat. Suhu tubuh yang lebih tinggi diyakini dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Jadi ada alasan yang bagus untuk membiarkan demam berlangsung secara normal, paling tidak untuk sementara waktu.

Dalam mengendalikan suhu tubuh Anda di cuaca yang tak menenuntu ini, sebaiknya lakukan pengobatan rumahan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan seperti:

1. Mendinginkan Tubuh

cuaca

Saat demam melanda di cuaca seperti ini, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendinginkan tubuh. Berendam dalam air hangat atau suam-suam kuku. Mulailah dengan menyiapkan air hangat. Masuklah ke dalam air hangat tersebut dan bersantai sementara sampai suhu hangat air perlahan turun. Saat suhu air turun secara perlahan, suhu tubuh Anda juga akan turun secara perlahan. Berendalam dalam air hangat bermanfaat membunuh organisme serta bakteri.

2. Lakukan Perawatan Kaus Kaki Basah

cuaca

Cara ini paling cocok dilakukan semalaman. Ambil sepasang kaus kaki dari katun yang cukup panjang untuk membalut pergelangan kaki Anda, kemudian basahi seluruh bagian kaus kaki dengan air dingin, peras kelebihan airnya, dan kenakan kaus kaki tersebut. Lapisi bagian luar kaus kaki dengan kaus kaki dari wol untuk menyekat suhunya. Orang yang mengenakan kaus kaki basah sebaiknya beristirahat semalaman. Tubuhnya juga harus diselimuti.

Perawatan ini merupakan pendekatan naturopati tradisional. Teorinya adalah kaki yang dingin akan menstimulasi peningkatan sirkulasi darah dan peningkatan respons sistem kekebalan tubuh. Hasilnya adalah tubuh melepaskan panas dan mengeringkan kaus kaki, serta mendinginkan tubuh. Perawatan ini bisa melegakan rasa sesak di dada juga.

3. Kompres dengan Handuk Basah

cuaca

Ambillah handuk, kemudian lipat sama panjang. Rendam handuk baik di dalam air yang sangat dingin atau dalam air es. Peras kelebihan air dan balutkan handuk mengelilingi kepala, leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan. Jangan balutkan handuk pada lebih dari dua bagian tubuh. Misal sajaa balutkan handuk mengelilingi kepala dan pergelangan kaki, atau mengelilingi leher dan pergelangan tangan. Jika lebih dari dua bagian tubuh, suhu tubuh Anda mungkin akan menjadi terlalu dingin.

Handuk dingin akan menarik panas dari tubuh dan dapat menurunkan suhu tubuh. Ulangi perawatan ini saat handuk telah kering, atau suhunya tidak lagi cukup dingin untuk meredakan demam Anda. Perawatan ini bisa diulangi sesering yang Anda butuhkan.

4. Turunkan Suhu Tubuh dengan Essential Oil

cuaca

 Saat Anda demam, yang ada dipikiran Anda tentu ingin segera menurunkan suhu tubuh Anda. Minum obat-obatan menjadi senjata pamungkas Anda untuk turunkan demam. Namun demi kesehatan jangka panjang Anda, sebaiknya gunakan essential oil.

Pengobatan alami yang cukup populer akhir-akhir ini memang menggunakan essential oil. Pilihan tepat bagi Anda yang sedang mengalami demam dengan menggunakan essential oil Fever Go Away dari Econic. Merupakan blended oil yang terbuat dari bahan natural di mana sangat baik digunakan untuk menurukan panas tubuh melalui kulit Anda.

Sifatnya yang endotermis dari essential oil ini dapat menyerap panas dari tubuh pada saat demam, dan dibuang ke udara melalui proses “heat and mass transfer”. Hasilnya, penurunan suhu tubuh terjadi secara natural tanpa mengonsumsi berbagai macam obat-obatan yang dapat merusak ginjal.

Penggunaannya pun sangat mudah! Melalui proses pemijatan lembut pada telapak kaki, belakang leher, bawah ketiak, dada, dan punggung. Gunakan saat gejala awal demam mulai muncul. Terbuat dari campuran peppermint oil, eucalyptus oil, sweet almond oil, dan sunflower seed oil, bantu Anda atasi turunkan suhu panas tubuh.

Untuk hasil maksimal, aplikasikan 3 – 4 kali sehari.

 

Minum Air Putih, Bantu Turunkan Demam

cuaca

Saat tubuh sedang tidak dalam keadaan fit, karena cuaca ekstrim seperti musim pancaroba saat ini, biasanya imun tubuh juga akan menurun. Saat inilah seringkali tubuh lebih rentan terserang penyakit. Salah satu gejala penyakit yang sering menyerang banyak orang adalah demam.

Banyak sekali efek samping demam, salah satunya adalah dehidrasi. Tubuh demam akan mengalami kenaikan suhu sehingga tubuh terasa panas. Saat inilah cairan di dalam tubuh seperti menguap dan tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, minum air hangat bisa membuat penderita demam merasa nyaman, namun tidak menghambat proses melawan penyakit di dalam tubuh.

Namun tidak diperbolehkan jika Anda minum air es atau mandi menggunakan air dingin saat demam. Minum air hangat akan membantu menurunkan panas tubuh dan mengatasi dehidrasi karena demam.

Minum delapan sampai 12 gelas air saat demam juga akan membantu membuang racun dan zat sisa di dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mempercepat proses penyembuhan. Minum air akan menggantikan cairan yang hilang dan mengganti mineral yang keluar dari tubuh. Justru jika Anda tidak minum, ini akan memperburuk keadaan demam dan membuat tubuh terasa lebih panas.

Jadi, selain menggunakan essential oil dan mengompres dengan air hangat, pastikan bahwa Anda tidak kurang minum saat demam, karena minum air putih bisa membantu menurunkan demam.

 

Si Merah Semangka Pereda Demam

cuaca

Ladies, sekarang ini bukan jamannya lagi kesulitan untuk mengobati penyakit yang menyerang tubuh seseorang. Apalagi sakit demam. Ada senjata pamungkas mengobati demam dengan cara alami! Ya, dengan menggunakan essential oil Fever Go Away dari Econic.

Selain menggunakan essential oil Fever Go Away dari Econic. Ternyata buah semangka yang biasanya Anda santap sebagai pencuci mulut ini berkhasiat untuk meredakan sakit demam! Siapa sangka buah segar nan manis ini bisa dijadikan obat.

Semangka bersifat dingin dan basah. Buah semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam, yaitu dengan memakan daging buah semangka segar sebanyak 500-1000 gr. Sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari. Untuk meredam efek sampingnya dapat diformulasikan bersama jahe sebagai pereda demam.

Tidak hanya itu, kandungan buah semangka ini juga sangat baik sekali untuk tubuh Anda. daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0,5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromin, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

sumber : http://skin.co.id/terserang-demam-akibat-cuaca-ekstrim/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *